Peluang Usaha - Buka Studio Foto Mini Dengan Modal dan Alat Seadanya


Peluang usaha memang selalu ada. Contohnya dengan makin maraknya HP berkamera yang dijual dengan harga murah, menjadikan trend dikalangan remaja, ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bila kita pandai memanfaatkan momen ini, seperti dengan membuka Studio Photo kecil-kecilan. Bidang usaha cetak foto digital adalah bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Apalagi dengan teknologi digital saat ini, foto dengan mudah dapat dimanipulasi, retouch (diperbaiki) diberikan variasi disain, huruf dsb sehingga dapat lebih menarik lagi.Dengan teknologi digital, hasil foto fotografer amatir-pun dapat berkesan “professional”.

Sayangnya investasi mesin cetak, konvensional maupun digital sangatlah mahal, berkisar ratusan juta hingga milyaran rupiah. Dengan investasi yang sangat besar, tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama bagi anda untuk mencapai break event point (kembali modal). Belum lagi faktor lain seperti service, perawatan & spare parts mesin yang tidaklah murah.
Dalam blog ini, saya ingin berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang ingin memulai usaha dengan modal yang sangat kecil, karena mungkin sebagian alat sudah tersedia di rumah dan kurang termanfaatkan secara maksimal, usaha studio photo mini ini mudah mudahan dapat menjadi pilihan alternative untuk memulai berwirausaha.
Dulu saya pernah memikirkan usaha apa yang kira-kira bisa saya jalankan di counter pulsa tanpa harus meinggalkan counter saya ini dan menggunakan alat yang sudah saya miliki. Berbekal dari browsing dan saran dari teman, tercetuslah satu usaha tambahan yang pas untuk saya geluti, Yaitu " Usaha Cetak Foto + Studio Foto"
Selain menawarkan paket hemat photo 1.000 dan PAS PHOTO 5.000 langsung jadi , saya juga menerima cetak dari HP, kamera, Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena dengan spanduk nama STUDIO PHOTO, terkesan usaha saya ini spesialis dalam mencetak photo, ditambah dengan berbagai vareasi Frame yang bagus dan lucu-lucu sehingga mereka lebih tertarik.
Untuk bisa memulai usaha ini tidaklah rumit, anda tinggal belajar sedikit mengoprasikan program photo editing, lalu memberikan vareasi frame pada photo yang akan dicetak.
ANALISIS PELUANG USAHA
INVESTARI AWAL
• 1 Set Komputer Core tu Duo 7400 + Monitor LCD  Rp. 4.000.000,-
• Kamera Digital Poket 12 MegaPixel, Rp. 1.000.000,-
• Priter Photo EPSON R230X, Rp. 1.700.000,-
• Alat Trasfer dari HP (Bluetooth, InfraRed, CardRider,dll), Rp. 100.000,-
• Meja Komputer dan Layar Background Rp. 400.000,-
• Biaya kursus atau Pelatihan Edit & Cetak Photo Rp. 800.000,-
• Total Biaya INVESTASI Rp. 8.000.000,-
BIAYA OPERASIONAL / BULAN
• Tinta Printer 1 set (6 warna/100ml) Rp. 150.000,-
• Kertas Photo ukrn A4 300lbr Rp. 250.000,-
• Listrik Rp. 50.000,-
• Total Biaya Operasional Rp. 450.000,-
PENDAPATAN / BULAN
1 lbr A4 = 12 lbr ukrn 2R Dompet (5,25 x 7cm),
Harga Jual ukuran 2R Rp. 1.000
12 x Rp. 1.000 = Rp. 12.000,-
Jadi Kalo 1 hari bisa menjual 10 lbr A4 = Rp. 120.000/hari
30 hari x Rp. 120.000,- = Rp. 3.600.000,- / bulan
KEUNTUNGAN TIAP BULAN
Pendapatan Bulanan – Biaya Operasional
Rp. 3.600.000 – Rp. 450.000 = Rp. 3.150.000,-
LAMA KEMBALI MODAL
Biaya INVESTASI : Keuntungan bulanan
8.000.000 : 3.150.000 = 2,5 bulan

Usaha ini dulunya adalah sampingan, tetapi setelah di geluti, malah Counter Pulsa & Percetakan kecil-kecilan punya saya menjadi sampingan, tetapi tetap saya geluti ke tiganya, karena masih memberi kontribusi untuk usaha saya.
Bagi para pembaca yang tertarik denagn usaha ini dan ingin membeli Paket Pelatihan dan Paket pendukung dalam usaha ini, dapat berkomentar di bawah.

9 komentar:

  1. wah keren yah,sy lagi mauj buka usaha studio foto

    BalasHapus
  2. ya gan, trimakasih kunjungannya

    BalasHapus
  3. Gan, berapa harga perlengkapan seperti payung pemantul cahaya & kaki kamera?

    BalasHapus
  4. @darto Chevile : Thank's gan kunjungannya
    +dannie Yuuhi : Untuk Triport kisaran harganya paling murah (standar) 150rb an, kalau mau yang lumayan bagus mencapai 300rb s/d 1jt.

    BalasHapus
  5. bos paket pelatihan dan pendukung usahanya gimana dapatnya dan biaya berapa? apakah langsung bisa masalahnya saya blm bisa photoshop

    hubungi saya di ariefnr@yahoo.co.id ya.. makasih.
    gak usah ditampilkan gak pa2 komen saya ini

    BalasHapus
  6. bos paket pelatihan dan pendukung usahanya gimana dapatnya dan biaya berapa? apakah langsung bisa masalahnya saya blm bisa photoshop

    mohon infonya ya. mksh
    komen gak usah di tampilkan gak pa2 jika mau hubungi saya di ariefnr@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. Artikelnya sangat menarik sekali untuk di praktekan Gan.
    saya udh bisa progam photoshop,corel dan progam editing lainya.
    Tinggal Prakteknya aja gan.semoga lancar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya gan, aminnn.., semoga lancar

      Hapus