Peluang Usaha Kecil - Warung Sembako Modal 10 Juta

Peluang usaha kecil
by : zacky




Membuka warung sembako mungkin bisa menjadi salah satu pilihan anda dalam menentukan usaha sampingan. Warung sembako saat ini mulai menjamur di berbagai tempat, seperti di daerah saya contohnya. Ternyata untuk membuka warung sembako tidak perlu modal puluhan juta rupiah. cukup dengan modal Rp.10.000.000,- saja anda dapat membuka warung dengan barang yang lengkap.

Yang harus anda lakukan dalam hal ini adalah :

  1. Siapkan modal
  2. Cari distributor barang yang menjual barang dengan harga miring
  3. Survey harga dari warung ke warung untuk mengetahui harga pasaran.
Untuk tempat membuat warung tidak perlu dengan menyewa, agar tidak mengeluarkan biaya tambahan, anda dapat memanfaatkan teras rumah anda untuk dijadikan warung sederhana.

Trik dalam membuka warung sederhana dengan modal kecil:
  1. Belilah barang yang banyak dicari konsumen, contohnya : beras, gula, garam, teh, rokok, gas LPG, sabun dll
  2. Tidak perlu membeli barang per macam dengan jumlah yang banyak, cukup beli 3 saja per macam, dengan catatan bila dalam keadaan mendesak anda dapat mudah mendapatkannya. Contohnya saja rokok, misalnya saja jumlah merk rokok ada 8 macam yang anda jual, anda hanya perlu membelinya 3 saja per macam, dan mungkin dapat anda lebihkan menjadi 5 atau 6 untuk rokok yang paling banyak diminati. dan untuk merek tertentu yang tak terduga ternyata habis, segeralah pergi ke distributornya atau anda dapat mendatangi toko besar yang menjual barang dengan hitungan grosir, demi menjaga warung anda selalu dalam keadaan barang lengkap.
  3. Selalu ramah kepada pembeli adalah salah satu cara jitu untuk memikat orang tersebut datang kembali kewarung anda. 
  4. Yang terpenting "Jangan Mengambil Untung Terlalu Tinggi". mengapa itu saya katakan sangat penting..? karena konsumen yang datang terutama ibu rumah tangga, sangat hobby untuk membuat pertimbangan dan perbandingan dengan acuan warung yang ada didekat anda.
Dari pengalaman orang yang saya kenal, mereka membuat warung tidak dengan modal 10.000.000, melainkan 20.000.000. Tetapi anda jangan khawatir, anda dapat membuat warung sederhana dengan modal 10.000.000, tetapi anda harus mengikuti pesan saya. "tidak perlu banyak barang untuk jadi stok, tetapi macamnya banyak" mengerti maksud saya..? ya seperti yang saya sebutkan di atas tadi, belilah barang yang banyak dicari konsumen tetapi tidak membuat stok terlalu banyak dalam satu merek, untuk menjaga warung tetap lengkap dengan modal kecil.

Untuk membuatnya menjadi sampingan usaha anda, caranya libatkan anggota keluarga anda, contohnya saja dengan bantuan istri dan anak. Saat anda pergi bekerja, istri anda dapat membuka warung tersebut dan berjualan seperti biasa, Pada saat anda pulang kerja, giliran anda untuk menjaganya.

Trik Membesarkan Usaha Anda:
  1. Hitunglah laba anda setiap bulannya, dengan cara membuat pembukuan harian.
  2. Selalu sesuaikan harga barang yang anda jual, bila harga barang naik, maka harga jual juga naik, begitu juga sebaliknya, bila harga barang turun, maka turunkanlah harga jualnya untuk menjaga konsumen tidak pindah ke lain warung.
  3. Sisihkan laba warung minimal 25% untuk ditambahkan lagi ke modal, yang dapat anda gunakan untuk membeli barang yang tidak ada di warung anda atau untuk memperbanyak stok.
  4. Jangan lupa sedekah, sisihkan pendapatan warung anda 2,5% sampai dengan 10% untuk disedekahkan. 
Menurut pengakuan teman saya, dia dapat memperoleh laba sampai dengan 100.000 per hari dan dapat mencapai 300.000. kalau dia bisa mengapa anda tidak..? Silahkan tentukan usaha yang ingin anda ambil. semoga tulisan saya ini dapat membantu anda.

16 komentar:

  1. Balasan
    1. ok gan.., thank's untuk kunjungannya

      Hapus
  2. terima ksih atas infonya...sangat..sangat berguna sekali.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.., sama-sama, senang bisa membantu.

      Hapus
  3. wah pas banget infonya gan,,, ane mau buka usaha ini plus atk juga..sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sukses gan. itu pasangan yang lumayan serasi, tetapi kalau agan berlebih modal, bisa diselingi dengan menjual pulsa elektronik.

      Hapus
  4. Balasan
    1. monggo, silahkan gan.., dengan senang hati saya mengizinkan.., terimakasih gan untuk kunjungannya, semoga dapat manfaat dari tulisan saya ini.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf, blog saya bukan sebagai media iklan, melainkan untuk berbagi (share) hal-hal yg sangat berguna dan nyambung dengan topik yg sedang dibicarakan, terimakasih

      Hapus
  6. artikelnya mirip sama yg disebelah, siapa yg plagiatnya ya? dan juga mirip artikel pak GM.susanto...

    BalasHapus
  7. monggo di tafsirkan sendiri.., silahkan dikroscek tanggal terbitnya.., kalaupun saya yg anda tuduh sebagai plagiat, sah-sah saja namanya kritik dan saran tidak selalu baik.., yang pasti saya jamin keaslian artikel saya karena semuanya hasil ketikan saya sendiri.
    terimakasih kunjungannya bpk +eko anton kusumah

    BalasHapus